ROADSHOW FALAK KE PESANTREN AL-BAHRONIYYAH

CSSMoRA UIN Walisongo mengadakan roadshow Falak ke pondok pesantren Al-Bahroniyah Mranggen Demak pada Sabtu, 11 Juni 2022. Dengan sasaran utama para santri pondok pesantren Al-Bahrobiyah agar mereka bisa mengenal Ilmu Falak serta metode penentuan arah kiblat.

Acara roadahow falak kali ini diikuti oleh 8 panitia yang terdiri dari pengurus dan ketua umum CSSMoRA UIN Walisongo dan 2 pemateri dari alumni CSSMoRA UIN Walisongo.

Acara tersebut dibuka langsung oleh gus Ainul Ghuri Selaku Pengasuh Pondok dan Kepala sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimaksih kepada CSSMoRA dan juga berharap agar para santrinya bisa bersemangat mengikuti kegiatan roadshow falak serta menitip pesan agar kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, Ungkapnya.

Ketua umum CSSMoRA UIN Walisongo Semarang, Hamjan A Ranslengo berterimakasih kepada pihak pondok yang telah menerima kedatangan para rombongan roadshow falak CSSMoRA. Selain itu, dalam sambutannya hamjan juga memperkenalkan terkait CSSMoRA.

Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Wali Cosara, S.H. yang dipimpin langsung oleh Fadhil selaku moderator. Materi pertama membahas tentang pengenalan ilmu falak seperti luang lingkup, rumus arah kiblat dan juga cara pengoperasian kalkulator.

Dipimpin langsung oleh moderator yang sama, materi kedua disampaikan oleh Nuril Fathoni Hamas, S.H. yang mulai memperkenalkan bagaimana cara menghitung azimuth kiblat di lokasi pondok pesantren.

Setelah melakukan istrihat sholat dan makan, materi dilanjutkan di lapangan untuk melakukan praktek pengukuran arah kiblat menggunakan theodolit.

Acara roadahow falak ditutup, yang ditandai dengan sesi foto bersama pengasuh pondok.

Red Departemen Hubungan Dalam

Share this post

Tinggalkan Balasan