Kajian Falak CSSMoRA telah terlaksana secara online via g meet, kegiatan ini dimulai pada tanggal 26 September 2021 dan diakhiri pada tanggal 23 April 2022. Kajian Falak CSSMoRA (KFC) merupakan pengembangan skill yang ditujukan kepada umum dengan materi-materi yang sangat menyenangkan, yang bisa membuat otak dan kepala berfikir lebih cepat dan lebih semangat. kegiatan ini diisi oleh pemateri-pemateri yang kece dari anggota CSSMoRA aktif 2017 dan 2018. Pada materi-materi yang di diskusikan di bagi menjadi beberapa pertemuan agar mempermudah mengolah informasi berat kepada system kerja otak manusia.

Kajian Falak CSSMoRA (KFC) dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan dengan 3 materi yaitu : pengenalan ilmu falak, menghitung awal waktu sholat dan perhitungan awal bulan qomariyah. Saat melaksanakan KFC ini, para partisipan sangat antusias karena dimulai saat masih pandemic, jadi sangat membantu dalam pengenalan falak bagi mahasiswa yang belum mendalam mengetahui falak atau mengulang materi yang lalu.

Meteri pertama disebut KFC#1 yang terlaksana pada tanggal 26 September 2021. Di materi pengenalan ilmu falak diisi oleh pemateri dari CSSMoRA UIN WS angkatan 2018, yaitu kk Nuril Fathoni Hamas,yang di moderator oleh Muh. Fadhil anggota CSSMoRA UIN WS angakatan 2019. pada materi ini peserta diberi pengertian mengenai ruang lingkup falak dan sejarahnya serta apa saja yang dibahas dalam ilmu ini. Materi pertama di habiskan dalam sekali pertemuan, karena masih berupa abstrak dari apa yang akan dijelaskan pada materi selanjutnya.

Pada materi kedua yang disebut KFC#2 yang terlaksana pada tanggal 09 Oktober 2021 dengan pembahasan perhitungan awal waktu sholat, materi ini diisi oleh pemateri dari CSSMoRA UIN WS angkatan 2017, kk Nur Imani Surur. Pada materi ini, dibagi menjadi 2 kali pertemuan, pertemuan pertama di moderator oleh Firginita Wirna Mokoginta anggota CSSMoRA UIN WS angakatan 2019, membahas mengenai  bagaimana cara mencari awal waktu sholat subuh, zuhur dan ashar. Kemudian, pada pertemuan kedua di moderator oleh Afifah Mulya Alamsyah anggota CSSMoRA UIN WS angakatan 2019, pada tanggal 17 Oktober 2021 melanjutkan mencari awal waktu sholat maghrib, isya, dhuha dan Tanya jawab mengenai perhitunganya. Di materi kedua ini juga peserta di minta untuk menyiapkan alat perhitungan seperti kalkulator scintefic.

Pada materi ketiga yang disebut KFC#3 yang terlaksana pada tanggal 09 April 2022 dengan membahas perhitungan awal bulan qomariyah, materi ini diisi oleh CSSMoRA UIN WS angkatan 2017, kk Muammar Khamdani. Pada materi ini, dibagi menjadi 4 pertemuan. Dimana pertemuan pertama yang di moderator oleh Afifah Mulya Alamsyah anggota CSSMoRA UIN WS angkatan 2019, membahas mengenai perkenalan hisab awal bulan qomariyah dan menghitung perkiraan akhir bulan Romadhan yang pada kesempatan tersebut, kita sedang dalam bulan itu. Kemudian pada pertemuan kedua, yang di moderator oleh Ahmad Farhan Makmur anggota CSSMoRA UIN WS angakatan 2021, yang dilaksanakan tanggal 16 April 2022 melanjutkan materi pertama,pada pertemuan ini, membahas ijtima’ akhir romadhan hingga posisi dan keadaan hilal. Kemudian, pada pertemuan ketiga, yang dimoderator oleh Julia Natasya anggota CSSMoRA UIN WS angakatan 2021 yang dilaksanakan tanggal 23 April 2022 yang melanjutkan materi kedua, posisi dan keadaan hilal hingga selesai.

Red Departemen Hubungan Luar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *