KAJIAN FALAK CSSMORA #2

KAJIAN FALAK CSSMORA #2

Kajian Falak CSSMoRA (KFC) memasuki tema kedua. Kali ini membahas hisab awal waktu shalat dengan pemateri Nur Imani Surur CSSMoRA 2017 secara online melalui aplikasi google meet.

KFC #2 kali ini berbeda dengan KFC #1, pasalnya ini diadakan 2 kali pertemuan. Sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan pertama pada Sabtu 9 Oktober 2021, seminggu kemudian dilanjut pertemuan kedua pada Minggu 17 Oktober 2021. Hal ini dilakukan mengingat tema pembahasan cukup panjang dan ribet, maka untuk meminimalisir peserta merasa bosan diadakan dua pertemuan.

Pada pertemuan pertama, pemateri memaparkan terkait apa saja hal yang perlu disiapkan ketika ingin menghitung waktu shalat seperti data-data, hal ini sebagai dasar ataupun pengenalan ketika hendak menghitung waktu shalat. Kemudian dilanjutkan perhitungan yang diawali dengan waktu shalat Dzuhur dan ashar. Pada pertemuan kedua, perhitungan dilanjutkan dengan menghitung waktu shalat magrib, isya, subuh, dhuha serta waktu imsak dan terbit.

Para peserta yang hadir didominasi dari angkatan falak 2021. Mereka sangat tertarik mempelajari tema kali ini walaupun beberapa dari mereka merasa kesulitan ketika menghitung rumus dengan menggunakan kalkulator scientific.

Menanggapi pelaksanaan kegiatan ini, Nur Imani surur mengatakan “Kegiatan seperti ini sangat bagus diadakan, tetapi yang menjadi tantangan bagi kita adalah dilaksanakannya secara online. Kita tidak bisa secara langsung membimbing dan melihat peserta apakah mampu mempraktekkan perhitungan dengan rumus-rumus”

Kegiatan tersebut ditutup pada Minggu pukul 16.45 WIB yang ditandai dengan sesi foto bersama

-Red F

Share this post

Tinggalkan Balasan