PENGENALAN TOEFL (PSC#1)

PENGENALAN TOEFL (PSC#1)

Pengembangan Skill CSSMoRA yang disingkat PSC. Salah satu Program kerja Departemen Hubungan Dalam, Kegiatan ini guna untuk menambah, melatih soft skill anggota CSSMoRA UIN Walisongo dalam bahasa, desain grafis dan lain-lain. PSC#1 atau Pengembangan Skill CSSMoRA pada pertemuan pertama ini membahas mengenai pengenalan TOEFL (Test Of English as a Foreign Language), yang dilaksanakan via Google Meet pada Sabtu, 04 September 2021.

Kegiatan PSC ini seperti diskusi santai antara anggota CSSMoRA dengan pemateri, dengan harapan sebagai awal persiapan  bagi para Anggota CSSMoRA dalam melaksanakan tes TOEFL.

Tes TOEFL merupakan pra-syarat penentuan kelulusan mahasiswa UIN Walisongo, tes ini harus selesai sebelum ujian akhir bagi mahasiswa. UIN Walisongo dalam test TOEFL menggunakan paper best test, namun dalam keadaan pandemic sekarang sangat susah untuk melakukan test TOEFL dengan paper best test sehingga dialihkan melalui test online. Jenis TOEFL yang diterapkan UIN Walisongo yaitu Institutional TOEFL Test. Dimana test ini diatur oleh institusi tersebut, dan hasil serta sertifikat TOEFL hanya dapat digunakan di institusi itu sendiri.

“kegiatan ini sebagai gambaran serta bekal buat Anggota CSSMoRA, agar tidak kaget jika mengikuti test TOEFL” ungkap Inayah selaku moderator dan anggota Departemen Hubungan Dalam.

Dengan membiasakan berbicara berbahasa Inggris, kita harus melatih dan membperbanyak kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris. Review  kembali kosakata tersebut agar tidak lupa dan semakin mudah digunakan. Bisa dimulai dengan kosakata keseharian. Dengan kita berada dilingkungan berbahasa Inggris secara tidak langsung kita bisa paham dan bisa berbahasa Inggris perlahan-lahan.

Tips sukses dalam tes TOEFL sebagaimana ucap Rohadatul ‘Aisy Idra selaku pemateri dalam kegiatan ini dan wistuda TERBAIK Fakultas Syariah dan Hukum pada bulan Agustus 2021.

“Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, bisa dengan mennton film yang berbahasa Inggris dengan subtitle Inggris, belajar lewat aplikasi bahasa Inggris, mendengarkan lagu bahasa Inggris dan masih banyak lagi”.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama via Google Meet.

Redaksi W

Share this post

Tinggalkan Balasan