PENGUKURAN ARAH KIBLAT KAMPUS UIN WALISONGO

PENGUKURAN ARAH KIBLAT KAMPUS UIN WALISONGO

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Ilmu Falak UIN Walisongo  menggelar pengukuran arah kiblat di beberapa gedung Kampus Hijau UIN Walisongo Semarang pada hari Kamis, (9/12/2021).

Seluruh anggota aktif PBSB Ilmu Falak mengikuti kegiatan dengan dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai jumlah gedung yang akan diukur arah kiblatnya. Kelompok kami terdiri dari 3 orang dan bertugas mengukur arah kiblat di Mushola Gedung Planetarium.

Kami terlebih dahulu briefing bersama Pengelola PBSB UIN Walisongo, lalu dibagi kelompok dan menempatkan diri dengan masing-masing Dosen Pendamping. Kemudian kami ditugaskan membawa alat perhitungan arah kiblat di Lab Falak Fakultas Syariah dan hukum, kemudian kami berangkat per kelompok dan menuju gedung yang akan dihitung.

Kami menghitung arah kiblat dimulai pada pukul 10.40 WIB dengan menggunakan alat Mizwala, Istiwa Ain, dan Theodolite. Dalam mengukur arah kiblat, kami dibimbing oleh Dosen Pendamping yaitu Bapak Ahmad Fuad Al-Sahari, S.Hi. M.Si. Hasil perhitungan dari ketiga alat tersebut sama, hanya berbeda hasil di menitnya saja. Setelah arah kiblatnya dapat, kami menandai arah kiblat dengan stiker arah untuk memudahkan orang-orang dalam menentukan arah kiblat shalatnya.

Pengelola PBSB sangat antusias dengan kegiatan pengukuran arah kiblat ini, beliau mengikuti acara dari awal sampai akhir. Kemudian anggota baru PBSB  yaitu angkatan tahun 2021 mereka sangat senang mengikuti kegiatan ini karena menambah wawasan dan pengalaman mereka dalam mengukur arah kiblat dan tentunya sebagai pengenalan awal bagi mahasiswa PBSB baru dalam Praktikum Ilmu Falak.

 

-Red Isma Masripah

Share this post

Tinggalkan Balasan