Bertepatan pada hari Senin, 12 Desember 2022, CSSMoRA UIN Walisongo melaksanakan Puncak Acara Dies Natalis Ke-15 dengan mengadakan Seminar Astrophotography yang bertemakan ” One Picture A Million Knowledge “. Kegiatan Seminar ini diadakan secara Offline dan Online. Secara Offline kegiatan ini diadakan di Ruang Teater Planetarium Universitas Islam Negri Walisongo Semarang. Peserta Seminar yang hadir secara Offline hanya terbatas mengingat karena kapasitas ruang Teater di planetarium hanya untuk 100 peserta. Peserta yang tidak mendapat kursi bisa mengikuti secara daring melalui Zoom Cloud meeting yang dihadiri dari beberapa universitas dan ada juga dari kalangan guru falak dari kudus. Acara Seminar Astrophotography ini dibuka langsung oleh Dr. H. Moh. Arja Imroni, M. Ag. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, namun beliau berhalangan hadir dan digantikan oleh Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M. Ag. Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia Sekaligus menjadi keynote Speaker dalam acara tersebut.

Pembukaan acara Seminar ditutup dengan Pemotongan Tumpeng sebagai simbolis Hari Lahir CSSMoRA UIN Walisongo ke-15. Sesuai tema yang diangkat yaitu membahas tentang hasil Astrofotografi yang dilihat dari dua segi , yaitu segi artistik dan segi sains dari ahsil Astrofotografi.

Dengan pemateri- pemateri yang ahli dalam bidang Falak dan Astrofotografi, Bpk Ihtirozun Ni’am, M. H  Dosen Ilmu Falak UIN Walisongo sebagai pemateri pertama. Sebelumnya beliau adalah penerima Program Beasiswa PBSB  di UIN Walisongo pada tahun 2011. Materi yang diangkat dalam seminar tersebut yaitu mengungkap nilai artistik yang ada dalam suatu gambar hasil astrofotografi dari aspek sains. Pemateri kedua, Bpk. Nur Sidqon, S. H. Beliau juga penerima Program Beasiswa PBSB UIN Walisongo pada tahun 2012, beliau adalah Founder Mobile Astrophotography, Kepala Observatorium Yanbu’ul Qur’an Kudus dan Muhadir Falak Ma’had Aly TBS Kudus. Pemateri kedua ini membahas tentang elemen-elemen astrofotografi, teknik pengambilan dan pengolahan data, dan Image Processing dalam Astrofotografi. Acara tersebut dimoderatori oleh Syikma Riyadlil Jannah, penerima beasiswa S2 PBSB Kemenag RI 2022 di UIN Walisongo.

Ketua Umum CSSMoRA UIN Walisongo Ahmad Farhan Makmur dalam pidato sambutan Ketua Umum menyampaikan “Pada Seminar Astrophotography ini, kami menghadirkan dua pemateri yang memang ahli pada bidangnya dan merupakan alumni CSSMoRA, ada Bapak Ihtirozun Ni’am, beliau CSSMoRA angkatan 2011, ada juga Bapak Sidqon alumni CSSMoRA angkatan 2012, kami dari panitia sengaja memohon kesediaan beliau spesial di acara ini rangkaian diesnatalis, bukan berarti kami tidak mau mengambil narasumber atau pemateri dari luar, melainkan karena acara ini  merupakan agenda rutinan dan spesial di CSSMoRA maka dari itu kami ingin narasumber yang mengisi dari alumni CSSMoRA sekaligus untuk memperkenalkan bahwa kamipun punya alumni yang telah berhasil”. Ketua Umum CSSMoRA UIN Walisongo memberikan alasan mendatangkan pemateri dari Alumni CSSMoRA.

Setelah pemaparan dari kedua pemateri tersebut, dibukalah sesi tanya jawab oleh moderator baik bagi peserta offline maupun online. Para peserta cukup antusias dalam sesi ini. Bagi peserta offline yang aktif dalam sesi tanya jawab mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia. Selain itu, untuk memeriahkan akun sosmed Instagram cssmorauinws, disediakan juga hadiah bagi peserta yang melakukan review materi  yang disajikan dalam bentuk unggahan semenarik mungkin dengan menandai akun IG cssmorauinws dan mentagar dies natalis ke-15 beserta jargon kebanggaan CSSMoRA “ Loyalitas Tanpa Batas”.

Selain Seminar Astrophotography, acara puncak Dies Natalis juga dimeriahkan dengan Pameran Buku karya Alumni CSSMoRA UIN Walisongo dan Buku- buku Best seller dari Gramedia Semarang antara lain Buku tentang Astronomi, Teknologi Informasi, Novel, dan Buku tentang Self Reminder. Terlaksananya acara puncak Dies Natalis tahun ini tidak hanya hasil kerja keras dari panitia saja melainkan juga support dari sponsor ship  Burjo Rizki dan Gramedia Semarang.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-15 UINWS yaitu Saudara M. Zaki Al-Aziz sebagai anggota CSSMoRA UIN WS angkatan 2021 menyampaikan “Persembahan pemateri dalam menyampaikan materi sangat menarik, kita dibawa untuk mengetahui banyak hal yang berhubungan dengan dunia foto bidang astro dibawakan dengan enjoy serta bermanfaat dalam menambah aksara khazanah astronomi Falak dan fun karena melihat hasil foto yang sangat unik. Semoga acara yang berkaitan dengan dunia astronomi tetap Istiqomah dilestarikan”.  Kesan dan pesan  Ketua Panitia atas terselengaranya  Seminar Astrophotography. “ Saya sangat mengapresiasi dan bangga dengan seluruh partisipan, panitia maupun pihak gramed yg kooperatif dan sangat support, overall semuanya terlihat simbiosis mutualisme” Tambahan Apresiasi dari Ketua Panitia Dies Natalis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ucapan selamat secara daring untuk Dies Natalis CSSMoRA UIN Walisongo oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kemenag RI, Dr. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag., beliau memberikan pesan agar CSSMoRA terus tumbuh dan istiqomah dalam menjalankan program-program  yang positif serta sebagai pionir dalam mengamalkan nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alamin. Ucapan selamat lainnya untuk Dies Natalis ke-15 UINWS datang dari Kasubdit Pendidikan Pesantren Kemenag RI Dr. Basnang Said, S. Ag., M. Ag., Pengelola PBSB UIN Walisongo Bpk. Ahmad Munif, M. Si., Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. Imam Taufiq, M. Ag., Pengasuh YPMI Al-Firdaus Dr. KH. Ali Munir, M. Si., Ketua CSSMoRA Nasional saudara Nusul Akbar dan Ketua PT CSSMoRA sebagai bentuk kesolidan antar PT CSSMoRA.