Menyambut Dies Natalis Ke-15, CSSMoRA UIN Walisongo Semarang mengangkat tema “Satukan Tekad, Wujudkan Mimpi Bersama CSSMoRA Bersinergi”, Tema ini diangkat sesuai dengan mars CSSMoRA yang selalu dinyanyikan ” genggam tangan satukan tekad”, diharapkan dengan adanya CSSMoRA sebagai wadah untuk mewujudkan mimpi melalui tekad dan keyakinan yang kuat. CSSMoRA di UIN Walisongo sendiri telah ada  sejak tahun 2007 sampai saat ini, tentunya setiap tahun dilaksanakan agenda Dies Natalis seperti ini tepat ditanggal 12 Desember, pada agenda tersebut diadakan berbagai macam rangkaian rangkaian acara untuk menyambut hari kelahiran CSSMoRA UIN Walisongo Semarang. Adapun rangkaian acara dalam rangka menyambut Dies Natalis tahun ini antara lain Sayembara Logo, Lomba Video Puisi Nasional,  Seminar Astrophotography dan Pameran, serta Kegiatan have fun bersama dengan mengadakan Rihlah dan CSS Competition.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menuju acara sekaligus memasuki rangkaian acara Dies Natalis yang pertama, yaitu Sayembara logo Dies Natalis yang dibuka pada tanggal 11-17 November 2022. Sayembara ini diperuntukkan bagi anggota CSSMoRA UIN Walisongo baik yang aktif maupun pasif sehingga diharapkan para anggota CSSMoRA dapat menuangkan ide-ide, kreativitas dan inovatifnya. Desain logo yang paling bagus dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, itulah pemenangnya dan dipakai sebagai logo Dies Natalis ke-15. Sayembara Logo tahun ini dimenangkan oleh Saudara Wahyudi dari anggota CSSMoRA UIN Walisongo angkatan 2018.

Selain itu, ada juga lomba Video Puisi Nasional. Setelah pengumuman pemenang sayembara logo, sekaligus dari panitia Dies Natalis membuka pendaftaran dan pengumpulan karya Lomba Video Puisi Nasional.  Berbeda dengan lomba puisi pada umumnya, lomba  puisi kali ini tidak hanya penyampaian puisinya yang dinilai melainkan sesuai dengan  trend sekarang baik dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa yang gemar membuat konten video di medsos. Sehingga teknis lomba ini peserta mengunggah video dirinya membawakan puisi dengan sekreatif mungkin. Antusias pesertanya pun lumayan banyak mulai dari kalangan SMP, SMA/Madrasah Aliyah hingga Perguruan Tinggi.

Karena tingkat Nasional, panitia acara juga membuka akses bagi semua Perguruan Tinggi maupun Ma’had Aly yang telah bergabung dengan PBSB Kemenag untuk mengirimkan satu delegasi dari masing-masing PT tersebut dengan harapan untuk menjalin hubungan dan sinergitas antar CSSMoRA PT. Benefit yang didapatkan pada Lomba Video Puisi ini, antara lain E- Sertifikat bagi seluruh peserta lomba dan bagi yang beruntung juara satu sampai dengan tiga memperoleh uang pembinaan dan E-Sertifikat.