CSSMoRA UIN Walisongo pada hari Selasa, 07 Juni 2022 pukul 20.00 WIB mengadakan sebuah acara Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan dalam rangka Magang Pengurus CSSMoRA UIN Walisongo Semarang yang bertujuan untuk mengkader pengurus baru periode 2022-2023 dalam bidang Kesekretariatan dan Kebendaharaan.

 

Acara kali ini dilaksanakan Google Meet dimoderatori oleh  saudari Siti Qurotul A’yuni selaku anggota CSSMoRA angkatan 2021, dengan Narasumber dari Badan Pengurus Harian yaitu Isma Masripah (Sekretaris Umum Periode 2021-2022 ) dan Imroatur Rosyidah (Bendahara Umum Periode 2021-2022).

 

Pada kesempatan tersebut, dibagi menjadi dua sesi. Pertama, pemaparan materi dari Bendahara terkait pengelolaan keuangan Organisasi. Mulai dari pembahasan RAB (Rancangan Anggaran Biaya), laporan dana perdepartemen, pemasukan, keuangan umum, keuangan khusus, dana insidental, bagaimana cara pengajuan dana dan bagaimana cara laporan dana ketika acara sudah selesai.

 

Kedua, pemaparan materi dari Sekretaris Umum terkait seluk beluk surat menyurat mulai dari format surat, bagian-bagian surat, tujuan surat, pembukaan, isi, dan penutup surat, pengiriman surat, tanda tangan, stempel dan sampul surat.

 

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan sesi diskusi yang mana peserta magang sangat antusias bertanya kepada pemateri, kemudian pemateri bertanya kepada peserta terkait apa yang sudah dipaparkan dengan tujuan untuk menguji pemahaman dan konsentrasi peserta.

 

Di akhir acara Narasumber berpesan bahwa “Manajemen kesekretariatan dan keuangan yang baik akan menghasilkan kualitas organisasi yang baik.”

 

Acara berjalan lancar dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

-Red Badan Pengurus Harian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *