RUKYATUL HILAL (RABIUL AWAL 1443 H)

RUKYATUL HILAL (RABIUL AWAL 1443 H)

­Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak (HMJ IF) dan CSSMoRA UIN Walisongo menggelar Rukyatul hilal menyambut awal bulan Rabiul awal di pelabuhan kendal pada kamis, 7 Oktober 2021

Rukyat kali ini menggunakan dua teleskop dengan tipe yang berbeda sehingga membuat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dengan pemateri Nur Imani Surur (CSSMoRA 2017) dan Moch Mailan Nahdloh (Ilmu Falak 2018).

Ani Uswatun selaku penanggung jawab kegiatan berharap dari kegiatan ini Mahasiswa mampu mempraktekkan teori rukyatul hilal yang telah didapatkan di bangku kuliah

“Kegiatan ini untuk memfasilitasi para mahasiswa ilmu falak, dengan harapan mereka tau secara langsung apa itu ruqyatul hilal dan bagaimana prakteknya, jadi mereka bukan hanya tau secara teori saja”. Kata mahasiswa semester 5 Ilmu Falak tersebut.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan, dilanjut dengan diskusi santai yang mana para peserta dibagi kedalam dua kelompok dengan tujuan agara mereka bisa fokus dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Wahyudi Arafah, CSSMoRA 2021 mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat, sebagai mahasiswa baru di ilmu falak saya sangat beruntung bisa mengenal lebih dekat terkait pemasangan alat ruqyat dan juga praktiknya,” kata mahasiswa asal Kalimantan Utara tersebut.

Nur Imani Surur mengatakan bahwa dari hasil perhitungan, kemungkinan hilal terlihat diatas ufuk dengan ketinggian 11 derajat. Tetapi sayangnya setelah matahari terbenam, langit di ufuk barat tertutupi awan sehingga hilal tidak bisa terlihat.

Kegiatan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama menandai kegiatan telah berakhir.

-Red F

Share this post

Tinggalkan Balasan