KAJIAN FALAK CSSMORA #1

KAJIAN FALAK CSSMORA #1

KFC#1­-Kajian Falak CSSMoRA atau sering disebut dengan KFC, #1 artinya yang pertama diselenggarakan pada periode kepengurusan tahun 2021-2022 oleh Departemen Hubungan Luar yang nantinya akan berlanjut terus. KFC ini dilaksanakan pada Minggu, 26 September 2021 secara daring via Google Meet.

KFC merupakan suatu kajian tentang ilmu falak dibidang hisab, rukyah, perhitungan dan lain-lain. Kajian ini sebagai wadah bagi anggota CSSMoRA dan masyarakat umum yang ingin menggali, menggeluti dan belajar secara mendalam terkait ilmu falak. Kegiatan KFC#1 ini mengangkat tema “Pengenalan Ilmu Falak dan Pengenalan Kalkulator Scientific” dengan narasumber Nuril Fathoni Hamas (CSSMoRA UIN Walisongo angkatan 2018) dan moderator Firginita Wirna Mokoginta (CSSMoRA UIN Wakisongo angkatan 2019). Mengapa mengambil tema tesebut?

“Terkait KFC#1 bisa dimulai dengan pengenalan ilmu falak dan pengenalan kalkulator, agar bisa jadi wawasan baru untuk mahasiswa dan masyrakat umum yang baru mulai belajar ilmu falak. Bagaimana dengan yang sudah pernah belajar? Dengan materi ini, mahasiswa atau masyarakat umum yang sudah pernah belajar ilmu falak bisa review atau mengingat kembali pelajaran yang sudah diajarkan”, ucap salah satu anggota Departemen Hubungan Luar.

Kegiatan KFC berjalan dengan lancar, dilaksanakan tepat waktu dan para peserta sangat antusias dan interaktif dalam diskusi. Penyampaian materi sangat jelas dan mudah dipahami. Banyak harapan para mahasiswa dan masyarakat umum terkait kelanjutan materi dari KFC ini. Adapun beberapa saran dan pesan dari beberapa peserta yang ditulis dalam presensi google form.

materi yang diberikan sangat baik Narasumber ternyata efektif karena materi dan pembahasan tersebut sangat komprehensif. Kritik dan saran dari saya, terimakasih atas kajian dan materi yang bermanfaat, salam sukses untuk panitia”

“Semoga kedepannya acara KFC bisa menjadi rutinan agar para mahasiswa khususnya prodi ilmu Falak khususnya bisa belajar dan tau lebih tentang ilmu Falak”

Materi ini ditutup dengan hukum mempelajari ilmu falak. Sebagimana yang disampaikan pemateri.

“ sesuatu yang membuat segala bentuk kewajiban tidak menjadi sempurna kecuali dengannya, maka sesuatu (hal) itu wajib hukumnya”.

 

 

-Red W

Share this post

Tinggalkan Balasan