Jika sebelumnya sudah ada istilah revolusi industri 4.0, sekarang sudah ada society 5.0 atau dalam bahasa Indonesia disebut masyarakat 5.0, yang mana diusulkan menjadi sebuah konsep tatanan dunia baru. Society 5.0 ini nantinya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi generasi muda untuk kemajuan suatu bangsa dan negara di masa yang akan mendatang.

Society 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia yang berbasis teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan begitu pesat yang tidak bisa kita pungkiri, salah satunya adalah dimana peran manusia telah tergantikan oleh kehadiran robot cerdas, Melihat fenomena demikian maka sangat dibutuhkan sebuah pemahaman society 5.0 yang berbasis spiritualitas dan juga kebudayaan, yang nantinya akan menjadi sebuah bekal tersendiri bagi proses pengembangan generasi muda yang siap akan segala tantangan dan juga problematika yang ada.

Generasi muda islami yang berkualitas harus siap menghadapi tantangan di era society 5.0, dan hal ini bisa disiapkan dari sekarang dengan melalui beberapa tahap yang ada, diantaranya adalah penanaman unsur aqidah, syariah dan juga akhlak secara kuat dan juga maksimal, sehingga nantinya akan melahirkan generasi muda islami harapan bangsa dan negara yang cerdas, sabar dan juga shalih. Memberikan bekal ilmu, sains dan juga keterampilan yang berbasis teknologi, sehingga nantinya akan melahirkan generasi muda islami harapan bangsa dan negara yang profesional dan juga inovatif. Menyiapkan lingkungan, tradisi dan juga budaya hidup yang mampu mendorong lahirnya generasi muda islami penerus bangsa dan negara yang berkarakter, berintegritas dan juga istiqamah.

Ir. Soekarno pernah berkata “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”

Oleh karena itu wahai generasi muda harapan bangsa bangkitlah untuk menyongsong masa depan, karena di tangan kita lah urusan umat dan ditangan kita lah estafet kepemimpinan umat

إِنَّ فِى يَدِ الشُّباَّنِ اَمْرَ اْلاُمَّةْ وَفِى اَقْدَامِهَا حَيَاتَهَا

“Ketahuilah bahwa di tangan pemudalah urusan ummat dan di kakinyalah kehidupannya”

شبان اليوم رجال الغد

“Pemuda hari ini adalah pemimpin besok hari”

Muhammad Muhaimin Thohri (CSSMoRA UIN Walisongo 2022)

Share this post

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *