EDUKASI KESETARAAN GENDER LEWAT VIDEO KREATIF EDUKASI MELALUI KANAL YOUTUBE

EDUKASI KESETARAAN GENDER LEWAT VIDEO KREATIF EDUKASI MELALUI KANAL YOUTUBE

Semarang-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler DR Ke-77 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang memproduksi sebuah video kreatif edukasi yang membahas mengenai “Kesetaraan Gender dalam Prespektif Islam”.

Kesetaraan gender merupakan wacana yang sudah lama didengungkan oleh banyak khalayak, mulai dari kalangan akademisi, praktisi, sampai dengan politisi atau pejabat publik. Tidak dipungkiri bahwa perempuan dan isu kesetaraan gender sampai sekarang masih menarik dan marak untuk diperbincangkan, terutama jika dihubungkan dengan wacana ke-Islam-an. Di mana perempuan dalam sejarah Islam memang memiliki posisi yang penting dalam berbagai perubahan sosial, kebudayaan, ekonomi, dan bahkan politik. Hal ini mendorong Mahasiswa KKN RDR Ke-77 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Kelompok 106 untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesetaraan gender. Dalam video yang telah diunggah  di kanal Youtube milik Kelompok 106 ini mengangkat tema relevansi kesetaraan gender dengan Al-Qur’an.

Sri Sulistyo Handayani selaku penanggung jawab Program Kesetaraan gender Kelompok 106 ini mengungkapkan bahwa tujuan dari edukasi kesetaraan gender ini yaitu untuk mengedukasi wawasan kesetaraan gender melalui perspektif Islam kepada mahasiwa /mahasiswi ataupun masyarakat lain  yang masih awam mengenai hal ini. Dan ia pun berharap melalui video tersebut dapat menjadi pemahaman dan konsep yang lebih tertata mengenai kesetaraan gender. Dalam video yang berdurasi 8 menit 16 detik  ini membahas tentang pengertian gender dan prinsip kesetaraan gender dalam perspektif Al-Qur’an. Dimana Al–Qur’an merupakan pedoman bagi kita baik di dunia maupun di akhirat.

Pembahasan mengenai makna dan konsep kesetaraan gender dalam prespektif agama Islam ini menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menafsirkan setiap prinsip dari kesetaraan gender itu sendiri. Menjelaskan prinsip dasar antara laki-laki dan perempuan yang mana oleh masyarakat masih tabu dalam menyikapi hal tersebut.

Begitu juga dengan pendapat dari salah satu partisipan dalam pembuatan video kreatif edukasi tersebut yang menyatakan bahwa :

“Kesetaraan gender memang perlu dipertahankan seperti ini. Karena baik laki-laki dan wanita sama saja di mata Tuhan. Pembedanya hanyalah amal dari seseorang. Pentingnya kesetaraan gender ini juga membuktikan bahwa tidak ada diskriminasi berdasarkan identitas gender mereka”, ucap Fadly Rahmadi salah satu partisipan dalam pembuatan video edukasi tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa edukasi mengenai kesetaraan gender sangatlah penting. Karena dengan adanya kesetaraan gender dapat membuktikan tidak adanya diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.

Oleh karena itu, masalah kesetaraan gender ini dikupas dengan detail dalam prespektif Islam, kemudian diringkas menjadi sebuah video kreatif yang menarik dan layak untuk ditonton oleh semua kalangan.

Video dapat diakses melalui link berikut : https://youtu.be/SWHfO09TbDo

-Red Fadly Rahmadi

Share this post

Tinggalkan Balasan