Sekolah Kaderisasi Terlaksana, Pengelola PBSB Memesan Pengaplikasiannya

Semarang,- CSSMoRA UIN Walisongo  kembali mengadakan kegiatan tahunan guna mengkader anggota, yakni Sekolah Kaderisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung G, Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Minggu (13/10), pukul 10.00 WIB. Ada tiga pokok acara dalam kegiatan ini, yakni pembukaan, penyampaian materi oleh beberapa narasumber, lalu penutup.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Pengelola PBSB UIN Walisongo, Moh. Hasan. Beliau berpesan kepada para anggota CSSMoRA untuk semangat dalam mengikuti kegiatan ini serta bisa mengaplikasikan dengan baik ilmu yang telah didapat dalam kegiatan ini serta menjadikan CSSMoRA sebagai wadah untuk lebih mengeratkan tali persaudaraan antar sesama anggota.

“Kegiatan seperti ini bagus, jadi setelah ada materi nanti, saya harap juga ada pengaplikasiannya dalm organisasi,” tutur dosen yang pernah menimba ilmu di Jogja tersebut.

Di akhir sambutannya, beliau mengajak peserta untuk berdiri dan melantukan lagu Yaa Lal Wathon bersama-sama, dalam upaya untuk memantik semangat para peserta untuk lebih mencintai negeri dan menjaga erat persaudaraan.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi ke-CSSMoRA-an yang disampaikan oleh ketua CSSMoRA tahun 2018-2019, Muhammad Nurul Bayan. Beliau menyampaikan beberapa poin penting dalam ke -CSSMoRA-an yakni sejarah singkat berdirinya CSSMoRA, sense of belonging yang harus ada dalam diri setiap anggota CSSMoRA, nama angkatan, dan lain sebagainya. Pada sesi ini, mahasiswa angkatan 2016 tersebut menyampaikan bahwa setiap anggota harus menjadikan CSSMoRA sebagai “rumah” yang akan selalu menjadi tempat kembali para anggota dan sebagai wadah untuk mengeratkan persaudaraan.

Sesi dilanjutkan diisi oleh pemateri kedua, yakni Alumni PBSB angkatan 2014, Unggul Suryo Ardi yang menyampaikam materi tentang “Persidangan dalam Organisasi”, berisi hal penting yang menjadi bagian dari persidangan dalam organisasi seperti macam-macam sidang, istilah-istilah dalam sidang serta bagaimana mekanisme sidang. Beliau memaparkan bahwa hal ini penting untuk dibahas karena akan berguna pada saat musyawarah besar. Pada akhir sesi beliau berharap setiap anggota sudah siap jika suatu saat terpilih untuk menjadi presidium.

Materi selanjutnya yakni leadership yang disampaikan oleh Hj. Munif Kolifah Sulistiyoningrum, MM. Materi ini dibalut dengan permainan-permainan seru yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, menguatkan kerjasama dan menumbuhkan kepercayaan diri. Kemudian pemateri menuturkan bahwa dari setiap permainan tersebut masing-masing mewakili cerminan nilai-nilai Leadership yang harus ada dalam diri mahasiswa. Beliau berpesan semoga bisa mengambil banyak pelajaran dari apa yang telah disampaikan dan diaplikasikan dalam kehidupan dengan sebaik-baiknya.(R/A)

Silakan dibagikan :)

CSSMoRA UIN Walisongo

Website resmi CSSMoRA UIN Walisongo Semarang - Organisasi Mahasantri Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *