Roadshow Falak: Kenalkan Ilmu Falak di Kalangan Santri

Walau jarang disebut-sebut di kalangan masyarakat, Ilmu Falak sebenarnya merupakan keilmuan yang bersinggungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Ilmu falak mempelajari tentang benda-benda angkasa dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Tidak hanya menelaah tentang fenomena langit dan benda langit seperti bulan dan bintang, ia juga membahas tentang arah kiblat. Sebagai penentu sah atau tidaknya sholat, mengetahui arah kiblat merupakan salah satu poin krusial dalam melaksanakan ibadah sholat wajib. Tanpa arah kiblat, ibadah mahdhoh satu ini tentu tak bisa dilaksanakan.

Roadshow Falak Goes to Pesantren merupakan serangkaian acara untuk memperkenalkan falak dengan objek sasaran santri dan santriwati yang bersekolah di pesantren. Kali ini, pada Sabtu (09/03), CSSMoRA UIN Walisongo mengadakan seminar singkat tentang materi dasar dan prosedur mencari arah kiblat di Pondok Pesantren Al-Itqon, Pedurungan, Semarang.

“Ilmu Falak ini merupakan ilmu dunia akhirat. Bermanfaat untuk dunia, dan berpahala untuk akhirat”, ujar Kepala Sekolah MA Al-Wathoniyah, M. Sholeh Syafi’i, S.Pd, dalam sambutannya. Beliau juga berharap agar acara ini tidak hanya diadakan sekali ini saja, namun kedepannya tetap berkelanjutan sehingga ilmu falak bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Pemberian materi berlangsung dari Pukul 10.00-15.30 WIB dan diselingi waktu istirahat untuk sholat dzuhur dan makan siang. Acara dibagi tiga sesi dengan materi: Pengantar Ilmu Falak oleh Ahmad Fuad Al Anshari, S.H.I, M.Si., Menghitung Arah Kiblat dengan Kalkulator oleh Alfan Maghfuri, S.H,. dan Menghitung Arah Kiblat dengan Theodolite oleh M. Syauqi Nahwandi, S.H.I,. dan juga Masruhan, S.H. I.

Dengan diadakannya acara ini, santri dan santriwati diharap dapat memahami konsep tentang dasar-dasar Astronomi yang berkaitan dengan penentuan waktu ibadah, mampu menghitung awal waktu sholat dengan benar serta menumbuhkan rasa toleran terhadap perbedaan pendapat tentang hasil perhitungan yang ada di ruang lingkup keilmuan falak. (Aisy)

Silakan dibagikan :)

CSSMoRA UIN Walisongo

Website resmi CSSMoRA UIN Walisongo Semarang - Organisasi Mahasantri Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di UIN Walisongo Semarang.