Kalkulator: Salah Satu Media Mempelajari Perhitungan Falak

Sabtu, (09/03) CSSMoRA UIN Walisongono mengadakan “Roadshow Falak, Goes To Pesantren” di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang guna memperkenalkan Ilmu Falak kepada para santri. Tujuan tersebut ditegaskan dalam tema kegiatan, yakni “Falak mengabdi dan membangun santri”.

Ketua panitia, Muhammad Akmal Habib menegaskan bahwa acara ini harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh santri karena mempelajari Ilmu Falak dari intenet saja tidak cukup. “Belajar yang baik itu adalah belajar dengan guru Dan jelas sumber ilmunya,” papar pria yang notabene mahasiswa UIN Walisongo tersebut.

Pemateri yang hadir merupakan penggiat Ilmu Falak yang memiliki guru secara langsung serta bersanad. Sehingga jelas asal usul dari ilmu yang dibagikan. Mereka adalah Ahmad Fuad Anshary, S.H., Alfan Maghfuri, S.H., Masruhan, S.H., dan M. Syauqi Nahwandi, S.H,. Sedangkan peserta yang mengikuti acara ini merupakan para santri dari Pondok Pesantren Al-Itqon dengan jumlah total sekitar 60 santri.

Arah kiblat menjadi pokok pembahasan dalam acara ini karena menghadap kiblat adalah salah satu syarat sah sholat. Salah satu alat bantu menghitung arah kiblat yaitu dengan kalkulator scientific maupun dengan kalkulator program. Pengenalan kalkulator disampaikan oleh Alfan Maghfuri, S.H,. Santri dikenalkan dengan kalkukator serta bagaimana cara menggunakannya dalam perhitungan arah kiblat. (Umi)

Silakan dibagikan :)

CSSMoRA UIN Walisongo

Website resmi CSSMoRA UIN Walisongo Semarang - Organisasi Mahasantri Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di UIN Walisongo Semarang.