Kemenag Bakal Menambah 3 Macam Beasiswa Pada PBSB Tahun

(Foto: Dokumentasi CSSMoRA UIN Walisongo)

Semarang – Pengelola PBSB UIN Walisongo Semarang kembali kedatangan tamu dari Pejabat Kementerian Agama (Kemenag) RI, dalam hal ini diwakili oleh Dr. Basnang Said, S.Ag, M.Ag. sebagai Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Dalam pertemuan ini ia menyampaikan beberapa poin penting yang diberikan kepada para Mahasiswa PBSB UIN Walisongo terutama bagi angkatan 2018.

Di antaranya, Kemenag berencana akan menambah 3 macam beasiswa PBSB pada tahun 2019, yaitu Beasiswa pada PTN/PTKIN seperti yang telah berjalan pada saat ini, beasiswa pada Ma’had Aly yang akan bertempat di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyyah, Situbondo Jawa Timur, dan beasiswa ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Menurut beliau, beasiswa Ma’had Aly difokuskan untuk kaderisasi generasi yang lebih memahami ilmu agama. “Pada beasiswa Ma’had Aly akan difokuskan pada pengkaderan generasi yang tafaqqahu fii al-din sehingga dalam seleksinya akan dititikberatkan pada kemampuan penguasaan kitab kuning dan dalam proses seleksi beasiswa ini akan diserahkan kepada pondok tersebut”, ujar pria asal Makassar tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa tujuan beasiswa studi ke Universitas Al-Azhar adalah untuk membangun relasi antara Kemenag RI dengan universitas tersebut. “Untuk beasiswa ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir tujuannya adalah membuat hubungan antara Kemenag RI dengan Universitas Al-Azhar”, tambahnya.

Selain beasiswa PBSB, Kemenag juga bekerja sama dengan Kementrian Keuangan (Kemenkue) membentuk Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Santri yang objek sasaran awalnya adalah Alumni PBSB dan Beasiswa Program Magister Lanjut Doktor (PMLD) yang ditempatkan di UIN Syarif Hidyatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Fdl).

Silakan dibagikan :)

CSSMoRA UIN Walisongo

Website resmi CSSMoRA UIN Walisongo Semarang - Organisasi Mahasantri Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di UIN Walisongo Semarang.