SEMINAR NASIONAL (Implementasi Nilai-Nilai Literasi Untuk Generasi Milenial)

CSSMoRA UIN Walisongo Semarang mengadakan Seminar Nasional untuk memperingati Hari Lahir yang ke-11 CSSMoRA, seminar itu dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2018 pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan di GSG (Gedung Serba Guna) UIN Walisongo Semarang, pada seminar kali ini mengundang narasumber seorang novelis ternama, yang karya-karya nya telah menjadi Best Seller di Indonesia yaitu Boy Candra.

Tujuan diadakannya acara seminar nasional ini tidak hanya untuk memperingati hari lahir yang ke-11 CSSMoRA, tetapi juga mengajak anak milenial untuk membudidayakan membaca dan mengasah literasi melalui buku-buku yang beredar di kalangan masyarakat. “Acara seperti ini menurut saya perlu diadakan karena saya juga salah satu yang boleh dibilang hasil dari acara-acara seperti ini dulunya” ujar penulis novel Seperti Hujan Yang Jatuh ke Bumi itu.

Sayangnya, kendala yang dialami oleh generasi milenial saat ini mereka lebih menyukai hal-hal yang instan tanpa proses. Seperti halnya seorang penulis,menulis bukan hanya tentang ingin mendapatkan suatu penghargaan tetapi menarik atau tidaknya tulisan itu untuk dibaca, karena ketika menulis harus suka membaca dan literasi itu dimulai dari membaca baru menulis.

Sasaran dari setiap novelnya ialah remaja. Maka dari itu ia menitikfokuskan untuk menulis tulisan-tulisan remaja,setidaknya karya-karyanya dapat mengembalikan minat baca di kalangan remaja khususnya generasi milenial untuk kembali kepada buku-buku dan juga literasi-literasi.“Kalau pengen banyak orang membaca berarti kita butuh banyak buku yang disukai oleh remaja”. Ujar penulis asal Padang ini.

Banyak sekali karyanya yang ber-genre romance bahkan kegalauan-kegalauan dalam percintaan di kalangan remaja,yang dibuktikan oleh jumlah peserta yang hadir mencapai 370 peserta dan juga banyak yang datang dari luar Semarang dan Perguruan Tinggi yang lain bahkan tidak sedikit siswa-siswi SMA sekalipun ikut berpartisipasi dalam acara Seminar Nasional ini.

“Berbicara menulis berarti kita berbicara kreativitas , kreativitas itu tanpa batas bisa dari mana aja, jadi salah satu mengapa saya menjadi penulis ya karena saya bisa bekerja menjadi pekerja merdeka” ujar Laki-laki asal Padang ini. (Lely & Septri)

Silakan dibagikan :)

CSSMoRA UIN Walisongo

Website resmi CSSMoRA UIN Walisongo Semarang - Organisasi Mahasantri Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di UIN Walisongo Semarang.